Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WIB

VISI DAN MISI

 

Demokratisasi memiliki makna bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa harus mengakomodasi aspirasi dari masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan yang ada sebagai mitra Pemerintah Desa yang mampu mewujudkan peran aktif masyarakat agar masyarakat senantiasa memiliki dan turut serta bertanggungjawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga desa sehingga diharapkan adanya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

          Atas dasar pertimbangan tersebut di atas, maka untuk jangka waktu 6 ( enam ) tahun ke depan diharapkan proses pembangunan di desa, penyelenggaraan pemerintahan di desa, pemberdayaan masyarakat di desa, partisipasi masyarakat, siltap Kepala Desa dan perangkat, operasional Pemerintahan Desa, tunjangan operasional BPD, dan Intensif RT/RW dapat benar-benar mendasarkan pada prinsip keterbukaan dan partisipasi masyarakat sehingga secara bertahap Desa GEMAWANG dapat mengalami kemajuan. Untuk itu dirumuskan Visi dan Misi.

4.1.1 Visi Desa    

Desa Agraris Berwawasan Lingkungan,Mandiri,Beriman,Pemerintahan Yang Bersih Menuju Masyarakat Yang Sejahtera.

Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari suatu niat yang luhur untuk memperbaiki dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan di Desa GEMAWANG baik secara individu maupun kelembagaan sehingga 6 ( enam ) tahun ke depan Desa GEMAWANG mengalami suatu perubahan yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dilihat dari segi ekonomi dengan dilandasi semangat kebersamaan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan. Visi ini mengandung makna bahwa        :

  1. Desa Agraris berwawasan Lingkungan adalah suatu Desa yang secara Ekonomi masyarakatnya bertumpu pada sektor pertanian sebagai penggerak utama perekonomian desa dan tumpuan kehidupan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan peningkatan kualitas lingkungan hidup.
  2. Mandiri adalah suatu Desa yang secara Ekonomi masyarakatnya bertumpu pada kekuatan sendiri,dengan memberdayakan semua potensi yang ada demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa.
  3. Beriman adalah suatu kondisi dimana dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat terpenuhinya kebutuhan rohani dengan sikap dan akhlak mulia yang sesuai dengan pemahaman,penghayatan ajaran agama dan didukung dengan kebebasan menjalankan ajaran agama serta toleransi antar pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara sehingga seluruh proses pembangunan dapat terlaksana dengan berdasarkan pada norma-norma agama.
  4. Pemerintahan yang bersih adalah suatu kondisi pemerintahan dan pembangunan yang bebas korupsi,kolusi dan nepotisme sesuai dengan arah dari pelaksanaan reformasi birokrasi.
  5. Masyarakat sejahtera adalah kondisi masyarakat yang dapat mencukupi kebutuhan pokok material dan spiritual, ditandai dengan meningkatnya kualitas kehidupan perekonomian masyarakat desa, pelaksaan pendidikan yang berkeadilan, dan derajat kesehatan yang berkualitas.

 

4.1.2 Misi

  1. mewujudkan perekonomian desa yang semakin kuat dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, potensi unggulan desa berbasis pertanian modern dan berwawasan lingkungan,menggerakkan lembaga ekonomi desa dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian desa.
  2. meningkatkan pelayanan penanganan masalah sosial, serta meningkatkan kemajuan, dan kemandirian masyarakat miskin.
  3. meningkatkan kapasitas Kelompok-kelompok tani menuju Desa Gemawang yang agraris,berwawasan lingkungan dengan tetap menjaga keseimbangan alam.
  4. mewujudkan ketersediaan dan peningkatan prasarana dan sarana pelayanan dasar pendidikan , kesehatan dan sosial budaya.
  5. mewujudkan kualitas iman dan taqwa melalui pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama, kerukunan umat beragama dan fasilitasi kehidupan beragama
  6. mewujudkan pemerintahan desa yang baik dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi informasi.
  7. meningkatkan kualitas dan pelestarian lingkungan hidup.
  8. meningkatkan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa serta menggerakan dan menumbuh kembangkan swadaya dan gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa.

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Peta Lokasi Gemawang

tampilkan dalam peta lebih besar